Thursday, April 5, 2012

PAGILARANKU (tak) KUKENAL

0 comments
    PT. Pagilaran, perusahaan yang bergerak dalam usaha perkebunan, perindustrian, perdagangan dan konsultasi. Komoditas perkebunan yang saat ini diusahakan adalah teh, kakao, kelapa, dan kina. PT. Pagilaran diupayakan oleh para perintis dan pendiri Fakultas Pertanian UGM dengan maksud untuk mendukung program pengembangan Tri Dharma Perguruan Tinggi, khususnya di bidang perkebunan.
Sejarah berdirinya PT Pagilaran berawal tahun 1840 oleh E. Blink dibuka hutan sebagai perkebunan yang kemudian dikelola oleh Maskapai Belanda. Selanjutnya pada 1922 perkebunan di beli oleh Inggris setelah pada tahun 102- maskapai tersebut mengalami kebangkrutan. Setelah perang dunia kedua, Jepang mengambil alih kekuasaan atas perkebunan. Pada saat penjajahan jepang selesai maka kepemilikan perkebunan di serahkan kepada Pemerintah Republik Indonesia kemudian di ambil alih lagi oleh Inggris pada masa awal kemerdekaan. Pada tanggal 23 Mei 1964 seiring dengan berakhirnya hak guna oleh Inggris perkebunan diambil alih oleh Pemerintah Republik Indonesia ,melalui Surat Keputusan Menteri PTIP, Prof. Ir. Toyib Hadiwijaya perkebunan diserahkan kepada Fakultas Pertanian Universitas Gadjah Mada untuk dijadikan sebagai sarana penunjang penyelenggaraan pendidikan pertania. Setelah status perusahaan berubah dari PN ke PT pada tahun 1974, nama PN Pagilaran sampai sekarang menjadi PT Perkebunan Perindustrian Perdagangan dan Konsultasi Pagilaran atau PT Pagilaran.
     Sebagai salah satu amanah dari pengagas, maka di jadikan inti salah satu misi PT Pagilaran yaitu Berperan aktif dalam penyediaan sarana kelancaran pelaksanaan pendidikan dan penelitian Fakultas Pertanian UGM, melalui Yayasan Pembina Fakultas Pertanian. Dalam pada itu sebagai perusahaan yang memiliki tugas mengembangkan wahana pendidikan dan penelitian bagi civitas akademika, misi yang dijalankan PT Pagilaran adalah melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Bertolak dari tujuan ini dalam melaksanakan tugasnya, PT Pagilaran menerima kunjungan kerja, studi lapangan, dan penelitian dosen dan mahasiswa. Ini menjadikan PT Pagilaran sebagai salah satu bagian dari pelbagai sarana pembelajaran di Fakultas Pertanian.
     PT. Pagilaran adalah perusahaan yang bergerak di bidang perkebunan, perindustrian, perdagangan dan konsultan berstatus swasta yang kepemilikan sahamnya terdiri dari beberapa pemilik modal. Para pemilik modal ini tergabung dalam Dewan Komisaris (Board of Commisioners). Pembuat kebijakan-kebijakan umum yang akan dilaksanakan oleh perusahaan adalah Dewan Direktur (Board of Directors). Dewan Direktur dipimpin oleh Direktur Utama yang merupakan pemegang saham terbesar dan bertanggung jawab terhadap Dewan Komisaris. Selain Direktur Utama, terdapat Direktur Umum dan Keuangan yang bertanggung jawab mengatur dan mengawasi keuangan serta Direktur Produksi bertanggung jawab terhadap produksi dari unit produksiyang dimiliki oleh PT. Pagilaran.
Berikut ini susunan kepengurusan PT Pagilaran :

Commisioner and Board of Director
Komisaris
Komisaris Utama     : Nasrullah
Anggota                  : Bambang Rahayu
                               : Eko Hanudin
Direktur
Direktur Utama                       : Rachmad Gunadi
Direktur Umum & keuangan    : Achmadi Priyatmojo
Direktur Produksi                    : Toekidjo
Manajer
Manajer Komersial        : Rachmad Gunadi
Manajer Finansial          : Suhatmini Hardyastuti
Manajer Produksi          : Ngadiman
Manajer Umum             : Endang Bayu Widyawati
Manajer Litbang            : Eka Tarwaca
Kepala Unit
Unit Produksi Pagilaran        : Tentrem Raharjo
Unit Produksi Kaliboja         : Supriyono
Unit Produksi Jatilawan        : Sugito
Unit Produksi Sidoharjo       : Ernadi
Unit Produksi Segayung utara    : Zaenal Akheroh
Unit Produksi Samigaluh    : R.Aria Teguh Hariadi

Company Profile dari PT. Pagilaran adalah sebagai berikut:
Nama Perusahaan      : PT. Pagilaran
Bentuk Perusahaan    : Perseroan Terbatas
Pemegang Sero         : Yayasan FAPERTAGAMA, Fakultas Pertanian Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta
Tempat Kedudukan   : Jl. Faridan M. Noto 11 Yogyakarta 55224
Telp.            : 0274-561392, 563046 (Hunting)
Fax.             : 0274-540628
Email           : pagilaran@telkom.net.
Komersial    : g_larcommerce@yahoo.co.id

     Tulisan di atas sebagai gambaran dan bahan diskusi mengenai tindak lanjut jalannya Kenal Kebun yang menjadi harapan kita semua. Sebagai mahasiswa yang turut membangun dan mengembangan Fakultas Pertanian maka hedaklah kita mengetahui apa yang menjadi hak dan kewajiban kita. Berpikir dengan frame  yang sama dengan sudut yang berbeda akan menjadikan perumusan kebijakan maupun keputusan yang mengakomodir segala aspek.

Direktur Jendral Advokasi
Katon Sasongko D

Leave a Reply

Labels

 
DSBB (Dream, Science, Brace, Belief) © 2011 DheTemplate.com & Main Blogger. Supported by Makeityourring Diamond Engagement Rings

You can add link or short description here